The Journal

Bagong Rider – Scorpio Tracker Dari Kep. Riau Untuk Indonesia

Bagong Rider - Scorpio Tracker Dari Kep. Riau Untuk Indonesia
Inspirasi Modifikasi Yamaha Scorpio Custom Tracker Scrambler Japstyle

Awal mula ide pembuatan motor ini muncul dari kami (saya dan istri) karena perasaan bahagia setelah kelahiran anak kami pada pertengahan Juli 2017 lalu. Setelah memperoleh ide dan gambaran untuk konsep motor yang akan dibuat perburuan pun dimulai. Diawali dengan mencari motor yang akan dijadikan bahan custom ini yang jatuh kepada Yamaha Scorpio. Sebenarnya ga muluk-muluk, yang paling penting mesinnya sehat. Karena hampir 90% parts akan diganti juga kecuali mesin.
Hal unik pun kami dapatkan waktu berburu motor bahan ini, di satu sudut showroom motor bekas kami mendapati sebuah Yamaha Scorpio 225 cc limited edition tahun 2014. Setelah negosiasi yang alot, akhirnya motor bahan ini kami bawa pulang. Setelah motor diamankan, perburuan berikutnya pun dimulai untuk spare parts yang akan digunakan. Karena kami tinggal di daerah kepulauan, tepatnya kota Tanjungpinang Kepulauan Riau maka tidak banyak ditemukan toko spare parts atau speed shop yang cukup lengkap untuk kebutuhan motor custom ini.

Akhirnya kami putuskan minta pertolongan beberapa teman-teman di Medan, Jawa dan Jakarta. Termasuk yang ada link ke Singapore untuk memperoleh beberapa parts seperti Shock Belakang OHLINS original (copotan moge) dan Ban Shinko type E805 (big block) serta Velg RK Japan 3.00 – 3.50 R17. Setelah parts utama ini kami dapatkan (sembari menabung kembali) perburuan pun dilanjutkan untuk parts lainnya. Shock Depan Sendiri akhirnya jatuh kepada USD Yamaha Xabre Original yang kami oerder langsung dari salah satu showroom Yamaha yang ada disini, karena transportasi yang susah, maka sekitar 45 hari barulah parts ini kami dapatkan.

 
Yamaha Scorpio 225 Custom Modifikasi Scrambler Tracker

Setelah semua parts lengkap, maka kami putuskan untuk memulai pekerjaan awal di bengkel RENO CUSTOM TANJUNGPINANG yang berlokasi di batu 7 kota Tanjungpinang. Sembari konsep dan parts yang ada kami serahkan untuk dibuat sesuai keinginan, perburuan berikutnya pun berlanjut untuk parts dan accesories pelengkap seperti lampu, speedometer digital, dll hampir semuanya kami beli dengan jalur online agar lebih cepat dan sesuai keinginan. Termasuk juga swing arm custom yang sudah banyak beredar di toko-toko online. Untuk Headlamp kami gunakan Daymaker Spyder Eye 7”, sedangkan sein dan stop lamp full LED, rantai dipercayakan kepada D.I.D dan sprocket belakang dipadu produk SSS. Untuk pengereman bagian belakang kita juga ubah menggunakan produk NISSIN original untuk satria FU lengkap dengan kaliper dan master rem.

Sedangkan untuk tromol kami gunakan 1 set depan belakang tromol Kawasaki KLX lengkap dengan piringannya, sehingga bagian kaki-kaki sudah full terpasang. Konsep motor ini sendiri adalah Scrambler Tracker dengan beberapa sentuhan. Bagian rangka sebenarnya mengadopsi bentuk dari motor Triumph (kita lupa typenya, hehe) sedangkan body samping kita pertegas dengan menonjolkan garis-garis body yang tajam sehingga kesannya lebih tegas.

 
Terbaik Modifikasi Yamaha Scorpio

Setelah pekerjaan komplit masuk ke bagian akhir, yaitu pengecatan. Ada 2 tahapan pengecatan, bagian awal pengecetan Velg oleh Badai Painting dan pekerjaan body serta rangka oleh Agus AB Tanjungpinang. Setelah beberapa minggu pekerjaan selesai perakitan pun dimulai dari rangka, mesin dan kaki-kaki serta body. Setelah selesai hampir 1 harian dilanjutkan ke bagian kabel-kabel yang dieksekusi oleh Mas Pri dengan sangat apik dan rapi. Lalu setelah itu baru kita lanjut pekerjaan JOK motor yang dibalut kulit MB Tech dengan pola wajik oleh Bang Ip. Setelah hampir 2 bulan pengerjaan dibantu oleh semua pihak yang terlibat akhirnya motor ini dapat selesai dengan hasil yang sangat memuaskan. Sebagai informasi untuk konsep dan pengecatan itu semua murni pilihan istri. Dibuat hitam doff supaya kesannya mewah dan tidak pasaran, berpadu dengan rangka serta velg yang di cat light black serta warna emas dari kedua suspensi depan dan belakang menambah mewah tampilan motor ini.

Sebelum motor ini selesai, kami sempat memikirkan panggilan yang unik untuk motor ini nantinya. Sempat tercetus nama “BARONG” dan setelah kita teliti ternyata ini adalah salah satu jenis kebudayaan yang ada di bali yang kesannya rada horror dan mistis. Maka kami putuskan untuk mengganti nama dengan yang seirama tapi berbeda, akhirnya didaptlah “BAGONG” yang diambil dari lakon pewayangan jawa dan merupakan saudara/adik dari petruk dan gareng. Bagong sendiri adalah yang paling bontot/bungsu dan cocok sekali seperti kami (suami istri adalah anak bontot dari keluarga). Setelah semua selesai akhirnya Bagong pun dapat mengaspal di jalanan nusantara khususnya daerah Kepri dengan sangat nyaman dan mulus.

 
Modifikasi Yamaha Scorpio Tracker

Peranan social media juga tidak kalah penting seperti Instagram. Banyak yang menyukai tampilan Bagong yang sangat kekinian dan full custom, bahkan banyak yang mengira kami berasal (bengkel) pengerjaannya berada di Jawa. Bahkan ada beberapa DM juga yang datang dari luar negeri dan menyukai motor ini. Memang pada awal pembuatan motor ini kami tekadkan untuk menunjukkan bahwa kita pun meski berada di pulau tidak kalah dengan teman-teman builder yang ada di jawa atau kota besar lain. Yang penting kesungguhan dan niat hati membuat semua yang kita impikan bisa menjadi kenyataan seperti yang diharapkan.

SALAM SATU ASPAL…

Data modifikasi: 
  •         Motor Yamaha Scorpio 2014 Limited Edition
  •         Shock Belakang Ohlins 340 mm Gold
  •         Shock Depan USD Yamaha Xabre
  •         Velg RK Japan 3.00 – 17 ;  3.50 – 17
  •         Ban Shinko E805 130/80 – 17 ; 140/80 – 17
  •         Headlamp Daymaker Spyder Eye 7”
  •         Sprocket SSS
  •         Chain D.I.D
  •         Muffler Variasi
  •         Handgrip Variasi
  •         Spion Variasi
  •         Stang Yamaha Byson
  •         Jok MB tech
  •         Bengkel: RENO CUSTOM   TANJUNGPINANG
  •         Pengecatan: @badai_painting & @agus_ab36
  •         Kelistrikan: Mas Pri BT 8
  •         Jok: Bang Ip BT 8
  •         Spareparts: @khsmoto_tnj
  •         Photo by: @kemen20@fridayfraidee & @franzzbirink

 

 

Note.

Yuk ikutan mejeng di The Jounal Kustomgaras.com, dengan mengirimkan cerita tentang pengalaman riding atau cerita tentang modifikasi motor kamu beserta komponen apa saja yang dirubah. 
 
Kirim cerita beserta foto (minimal 3) dengan resolusi minimal 1000px supaya tampil oke via email ke : kustomgaras@gmail.com Berbagi untuk menginspirasi!

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *